MAKASSAR – Komunitas SLIM (Sepeda Lipat Makassar) akan menggelar “Jelajah Pesona Sulawesi” 2021. Berjarak 333 KM, lintasan Makassar – Toraja pada 11 hingga 14 November mendatang.

Ketua komunitas SLIM Yuli Priyono mengatakan, kegiatan perdana selama masa pandemi ini akan menjadi momen awal bangkitnya pariwisata.

Baca Juga : Digadang Event Jelajah Pesona Sulawesi Bisa Pulihkan Ekonomi Sektor Pariwisata

Bukan hanya dapat sehatnya, tapi dengan bersepeda yang akrab disebut gowes akan mampu menumbuhkan kembali wisata daerah lintasan.

“Sepanjang perjalanan akan di suguhkan spot photo yang begitu indah dan bukan hanya wisata alam juga wisata sejarah seperti di Pare-Pare ada patung Habibie-Ainun,” ungkapnya, Rabu (10/11/2021).

Dilanjutkan ketua panitia kegiatan, Syamruddin memaparkan rute perjalanan “Jelajah Pesona Sulawesi” 2021 akan dimulai dari depan rumah jabatan wakil gubernur Sulsel dan berakhir di Toraja – Toraja Utara.

Syamruddin menjelaskan mekanisme perjalanan yang akan dilalui dengan bersepeda sejauh 333 KM mulai dari Makassar hingga Toraja – Toraja Utara.

Ia mengatakan, ada beberapa etape yang akan menjadi titik persinggahan selama perjalanan yakni, Barru – Pare-Pare – Pinrang – Enrekang dan kemudian berakhir di Toraja – Toraja Utara dengan rentang waktu selama tiga hari.

“Jadi akan singgah pertama di Barru, lanjut Pare-Pare dengan memilih spot patung Habibie-Ainun sekaligus memperkenalkan destinasi wisata sejarah yang dikenal dengan tugu cinta, kemudian dilanjutkan ke Pinrang, Enrekang dan terakhir Toraja – Toraja Utara sebagai tempat berakhirnya kegiatan serta pelaksanaan puncak event,” paparnya.

SLIM Bakal Gowes Makassar - Toraja, Ini Jadwalnya!
SLIM Bakal Gowes Makassar – Toraja, Ini Jadwalnya!

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Sulsel, Prof. Muhammad Jufri mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut yang diyakininya akan menjadi awal kebangkitan sektor ekonomi khususnya di bidang pariwisata.