MALUKU – TIM pendamping unit cost bertemu dengan direktur Rumah Sakit Umum Daerah Cendrawasih Dobo dr. Wati Gunawan, M.Kes untuk membahas hasil perhitungan unit cost dan rekomendasi perbaikan yang diperlukan dalam rangka meningkatan mutu layanan kesehatan rumah sakit secara berkelanjutan.

Baca Juga : DPC PDIP Gowa Bergerak Cepat Bantu Bayi Penderita Usus Terburai di RSUD Syekh Yusuf

Pertemuan ini diselenggrakan di ruangan Direktur Rumah Sakit pada tanggal 09/11/2021 yang dihadiri oleh Sekertaris Jhon Tiven, Kasubag Perencanaan Jusman dan TIM yang dipimping oleh Prof. Dr. Arlin Adam, SKM., M.Si.

Dalam paparannya, Prof. Arlin menyampaikan, hasil perhitungan unit cost ini menetapkan tarif layanan tiap-tiap unit pelayanan yang ada di rumah sakit secara rasional.

“Distribusi tarif di berbagai layanan memperlihatkan adanya pemanfaatan sumber daya yang inefisien karena investasi yang tersedia tidak sebanding dengan tingat utilisasi pelayanan,” ungkapnya.

Direktur dalam tanggapannya merespon secara dinamis hasil-hasil sementara yang telah didapatkan oleh tim pendamping.

“Proses pendampingan ini memberikan banyak manfaat bagi manajemen rumah sakit karena bukan hanya tarif yang dihasilkan sebagai output akan tetapi beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan ditindaklanjuti oleh pihak manajemen rumah sakit untuk peningkatan mutu pelayanan,” ucapnya.

Sejumlah rekomendasi perbaikan yang disarankan adalah perbaikan sistim informasi RS khususnya pencatatan secara detail terhadap penggunaan obat dan logistik pelayanan, penyusunan SOP berdasarkan kemampuan RS dan clinical pathway berdasarkan standar profesi, manajemen SDM, dan potensi penggalian sumber pendapatan RS untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan.

“Rekomendasi teresebut segera ditindaklanjuti melalui tindakan-tindakan perbaikan yang nanti dituangkan dalam Rencana Bisnis dan Anggaran RS tahun depan,” tuturnya.

Direktur memberikan apresiasi kepada tim pendamping unit cost atas kerjasama baiknya sehingga RSUD Cenderawasih Dobo memiliki informasi akurat dalam merencanakan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu.