KEPULAUAN SELAYAR – Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 Tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar berlangsung di Halaman Kantor Bupati, pukul 08.00 Wita.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, M., E.c., Dev., bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dihadiri oleh para asisten, Forkopimda, para Kepala OPD, para staf ahli Bupati, keluarga pahlawan serta undangan lainnya. Sedangkan peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan korpri.

Baca Juga : Sekda Kepulauan Selayar Hadiri Pelantikan Pengurus Cabang IAI

Membacakan amanat Menteri Sosial RI, Sekda Kepulauan Selayar Mesdiyono mengatakan, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan ini harus dicontoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

“Para Pahlawan kita dengan gagah berani memilih melawan bombardir dari kapal perang dan pesawat tempur serta tank dan senjata canggih lainnya walau terkadang hanya dengan bambu runcing dan keyakinan yang tinggi untuk mempertahankan kemerdekaan, yang berbalut semboyan merdeka atau mati, jiwa persatuan yang tidak menanyakan asal usul dan semangat pantang menyerah inilah yang harus kita resapi dan lestarikan sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman apapun. Kita adalah anak dan cucu kandung para pahlawan Bangsa,” kata Sekda Selayar Mesdiyono membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Dikatakan, semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

“Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis,” ucapnya.