MAKASSAR – Menghadapi cuaca ekstrem yang mulai melanda akhir-akhir ini, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 telah melakukan berbagai persiapan agar operasional di semua pelabuhan kelolaan tetap berjalan aman dan lancar.

General Manager (GM) PT Pelindo Regional 4 Cabang Makassar, Enriany Muis mengatakan, secara umum pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, terutama dari segi fasilitas, SDM dan keamanan, serta tentunya tetap berkoordinasi dengan regulator maupun stakeholder terkait.

Baca Juga : Rencana Merger, Visi PT Pelindo “Pimpin Ekosistem Maritim Terintegrasi dan Berkelas Dunia”

“Kesiapan yang kami lakukan tidak hanya untuk menghadapi cuaca ekstrem, tapi juga untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Desember nanti,” kata Enriany Muis.

Sejauh ini, kata dia, hingga Oktober 2021, pihaknya sudah melayani total 1.637 call arus kapal di Dermaga Soekarno. Terdiri dari 76 call kapal luar negeri dan 1.561 call kapal dalam negeri.

Dalam rinciannya, kapal luar negeri yang dilayani Cabang Makassar, terdiri dari 15 call kapal general cargo, 7 call kapal curah cair non BBM, dan 54 call kapal curah kering.

Sedangkan untuk kapal dalam negeri, terdiri dari 417 call kapal general cargo, 141 call kapal curah cair BBM, 10 call kapal curah cair non BBM, 53 call kapal curah kering, 524 call kapal penumpang, 401 call kapal Ro-Ro, dan 15 call kapal lainnya.

Cuaca Ekstrem, Operasional di Regional 4 Cabang Makassar & TPM Tetap Lancar
Cuaca Ekstrem, Operasional di Regional 4 Cabang Makassar & TPM Tetap Lancar

Dari sisi arus barang, Enriany berujar, hingga Oktober tahun ini Pelindo Region 4 Cabang Makassar sudah melayani total 1.885.414 ton bongkar muat barang.

“Sebanyak 962.783 ton kegiatan ekspor impor kapal luar negeri dan 922.631 ton bongkar muat kapal dalam negeri,” ujarnya.