JAKARTA – Presiden RI, Jokowi (Joko Widodo) melakukan uji kelayakan lintasan Sirkuit Mandalika, NTB, dengan mengendarai motor costum, Jumat (12/11/2021).

Baca Juga : Video Teriakan Pilu Seorang Kakek Bopong Jasad Cucunya

Jokowi mengendarai motor costum tersebut saat mengaspal di lintasan berjarak 4,3 km.

Dalam video tersebut, terlihat Jokowi mengenakan jaket hingga helm berwarna hitam. Motor costum yang digunakan didominasi oleh warna hijau dengan kombinasi warna putih di beberapa bagiannya.

Di body motor terdapat tulisan RI 1. Jenisnya diperkirakan Kawasaki W175. Sementara di sisi lain, terlihat Menteri BUMN, Erick Thohit memegang chequered flag di tepi sirkuit.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan peresmian sirkuit yang bernama pertamina Mandalika International Street Circuit itu guna mendukung perhelatan besar World Superbike Championship Indonesia 2021.

“Besok kita akan meresmikan Sirkuit Mandalika dan setelah itu bevent yang ada di sana untuk berjalan baik Superbike maupun MotoGP,” katanya.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tempat pelaksanaan ajang Asia Talent Cup (IATC) 2021 pada 12-14 November. Satu pekan setelahnya, ajang World Superbike 2021 berlangsung 19-21 November. Sementara ajang bergengsi MotoGP dijadwalkan baru digelar pada Maret 2022 mendatang.