VALENCIAValentino Rossi resmi pensiun dari dunia balap MotoGP setelah berhasil menutup balapan terakhirnya di GP Valencia dengan finis di peringkat ke-10, Minggu (14/11/2021).

Pada seri MotoGP Valencia kali ini, Francesco Bagnaia dari Ducati sukses finis di posisi pertama.

Baca Juga: Kevin de Bruyne Dukung Rencana Piala Dunia 2 Tahun Sekali FIFA

Sementara peraih gelar juara dunia MotoGP tahun ini, Fabio Quartararo yang merupakan Pembalap Yamaha, hanya finis di urutan ke-5 setelah jatuh di babak kualifikasi.

Namun podium pemenang kali ini lebih menyorot perhatian kepada Valentino Rossi yang resmi mengakhiri karier dunia balapnya pada ser MotoGP Valencia kali ini.

Pebalap berusia 42 tahun tersebut mendapat tepuk tangan lebih dari 75.000 penonton yang hadir saat dirinya melakukan tepuk tangan di Valencia, yang merupakan GP ke-432nya sejak memulai karirnya tahun 1996.

Sang juara dunia sembilan kali dari berbagai kategori tersebut mendapatkan selebrasi kegembiraan dari para penggemarnya dengan disertai teriakan ‘Vale’ yang merupakan akrabnya.

Semua perhatian beralih ke Rossi saat para pembalap berhenti untuk memberi penghormatan, kembang api meledak dan teriakan “Vale” bergema di sekitar tribun.

Angka 46 yang menjadi ciri khasnya ada di mana-mana, termasuk di helm Bagnaia dan di tribun sirkuit Ricardo Tormo di mana inisial dan nomornya ‘VR46’ berkibar di bendera kuning.

Sementara itu, sembilan sepeda motor yang membawanya gelar juara dunia telah berbaris berdampingan di Paddock sejak Kamis, ketika dirinya berpose dengan masing-masing untuk sesi pemotretan.

Peraih Podium seri MotoGP Valencia, Bagnaia merupakan salah satu Akademisi VR46 yang diciptakan oleh Rossi. Pebalap asal Italia tersebut mengakhiri musim dengan 26 poin di belakang Quartararo sebagai runner-up, dengan mengumpulkan total 4 kali kemenangan.