JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus kebakaran yang terjadi di kilang minyak milik Pertamina Cilacap, Senin (15/11/2021).

Baca Juga : Ipswich Hadirkan Kelas Yoga Bayi

Puan menyerahkan kepada pihak kepolisian terkait adanya motif kesengajaan, karena kebakaran di kilang minyak pertamina telah terjadi berulang kali.

“Usut tuntas penyebab kebakaran ini. Jika memang ditemukan oknum-oknum yang sengaja melakukan pembakaran, harus diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” katanya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan terjadi kelangkaan BBM (Bahan bakar Minyak), sehingga warga tidak perlu ‘panic buying’.

“Pertamina sudah memastikan pasokan BBM dan LPG tetap aman. Masyarakat tidak perlu panik, karena pemerintah pun pasti akan mengantisipasi segala dampak yang terjadi akibat kebakaran,” imbaunya.

PT Pertamina (Persero) juga harus segera melalukan audit terkait sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik perusahaan tersebut, sebab insiden ini bisa terjadi karena tidak ada penanganan khusus.

“Pertamina harus segera mengaudit sistem pengamanan di kilang-kilang minyak milik perusahaannya, karena langkah ini sangat tepat untuk mengantisipasi kejadian yang sama dengan melakukan penanganan khusus,” tuturnya.

Ia selaku pimpinan DPR RI mewakili yang lain menyampaikan rasa prihatin atas kejadian tersebut.

“Kami atas nama pimpinan DPR RI merasa prihatin dengan kebakaran di kilang minyak pertamina di Cilacap, Jawa tengah, beberapa hari yang lalu. Ini bukan kejadian pertama kebakaran kilang minyak pertamina di 2021,” tutupnya.