RAKYAT.NEWS, Makassar – Momentum puncak peringatan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan Liberti Sitinjak memberikan penghargaan kepada empat kepala daerah.

Masing-masing, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Bupati Maros Chaidir Syam, dan Bupati Bantaeng Ilham Azikin. Penghargaan diberikan karena mendukung dan membantu dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian di daerah.

Liberti menyerahkan piagam penghargaan ini didampingi Kadiv Keimigrasian Jaya Saputra dan Kakanim Makassar Agus Winarto sebagai penanggungjawab teknis di sela rangkaian di Makassar, Kamis, 26 Januari 2023. Pada puncak peringatan HBI ke-73 ini, Liberti Sitinjak bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, sebagai perwakilan kementerian di wilayah.

Dalam usia saat ini Imigrasi telah berhasil melalui berbagai zaman dengan tantangannya masing-masing menjaga kedaulatan negara. Berbagai inovasi dan prestasi telah dihasilkan, baik berupa fasilitas pelayanan masyarakat, penegakan hukum, serta fasilitator pembangunan ekonomi.

“Salah satu fungsi Imigrasi adalah pendorong kemajuan ekonomi bangsa, maka Imigrasi harus selalu mengembangkan berbagai inovasi serta penerapan berbagai kebijakan yang kiranya dapat mengakselerasi percepatan roda ekonomi serta melibatkan seluruh elemen masyarakat,” kata Liberti dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis siang.

Sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat, Imigrasi harus mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, sekaligus melaksanakan fungsi penegakan hukum demi keamanan negara secara beriringan. Sebagai sebuah instansi, Imigrasi perlu melakukan Kerjasama dengan berbagai institusi terkait pengamanan perbatasan dan penegakan hukum