TAKALAR – Di Tahun keempat pemerintahan Bupati H. Syamsari, S.Pt,M.M dan Wakil Bupati H. Achmad Se’re, S.Sos, Kabupaten Takalar kembali meraih predikat kabupaten sehat penganugerahan swasti saba kategori wistara tahun 2021.

Penghargaan ini diterima secara daring oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt., M.M bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) kabupaten Takalar Dr. Hj. Irma Andriani, S.Pi., M.Si di Baruga I Manindori, Kantor Bupati Takalar, Rabu (17/11/2021) siang.

Baca Juga: Pesan Bupati Takalar di Hari Pahlawan 

Agenda penghargaan dua tahunan dari Kemenkes dan Kemendagri tersebut, sebagai apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen Desa/Kelurahan dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Adapun penghargaan yang diperoleh kabupaten Takalar yakni swasti saba kategori wistara merupakan penghargaan tertinggi dengan persentase desa / kelurahan ODF 100%.

Bupati Takalar H. Syamsari usai menerima penghargaan menyampaikan bahwa penghargaan ini tidak lepas dari peran seluruh stakeholder dan kerja-kerja tim yang ada di kabupaten Takalar.

“Alhamdulillah, Takalar kembali meraih penghargaan sebagai kabupaten sehat. Penganugrahan swastisaba, Wistara. Penghargaan ini utk semua stakeholder, semua OPD, unsur forkopimda, pengusaha dan masyarakat yang telah berkolaborasi untuk mendukung Kabupaten Takalar meraih 2 kali penghargaan tertinggi di bidang kesehatan,” kata H. Syamsari usai menerima penghargaan.

Sementara itu, Ketua FKS Takalar Dr. Hj. Irma Andriani kenyampaikan bahwa prestasi ini diraih karena ada komitmen yang tinggi dari Bupati, Forkopimda dan tim pembina.

“Serta kolaborasi yang kuat antara Pemkab Takalar dengan stake holder lainnya seperti forum kabupaten sehat yang merupakan representasi lembaga/organisasi masyarakat, masyarakat dan swasta/pengusaha,” kata Hj. Irma.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa, Selain itu ruang berinovasi untuk menciptakan tatanan kehidupan sehat tumbuh dan terbuka di kab.Takalar. Kehadiran swastisaba ini sangat sinergi dengan visi Takalar menuju masyarakat unggul, sejahtera dan bermartabat.