BONE – Pemilihan Kepala Desa (Kades) serentak di Kabupaten Bone berlangsung semarak. Kampanye dan kerusuhan setelah pasca pemilihan, tak ubahnya seperti Pemilihan Bupati hingga bahkan Gubernur.

Baca Juga: Bupati Bone Sebut Ilham Azikin Pemimpin Masa Depan

Semua potensi tercurah, namun ternyata ketokohan dan apa yang telah menjadi bukti kerja, sangat mendominasi.

Perlu diketahui, bahwa hampir semua desa di kabupaten bone, adalah pertarungan sesama keluarga. Sebagian besar yang berkompetisi adalah kerabat yang masih tergolong dekat.

Entahlah, suatu waktu nanti sebagian desa di Bone termasuk Siame dan Cinennung dapat dipimpin oleh Kepala Desa yang bukan dari keluarga turunan sebelumnya.

Sebab, perjalanan panjang desa-desa di Kabupaten Bone juga telah mengikuti prosedur tatanan pemilihan secara demokratis sesuai amanah undang-undang.

Desa Siame sendiri merupakan pecahan dari induk desa cinennung kecamatan Palakka kabupaten bone. Dua desa ini sepanjang sejarah berdirinya hanya di kendallikan oleh kepala desa oleh saudara, paling jauh adalah saudara sepupu.

Sebutlah contohnya pada Desa Siame, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, yang dimana Andi Mappapuli sebagai incumbent dapat menang mutlak. atas penantangnya yang tak mampu berbuat banyak dengan perolehan suara tidak mencapai seratusan.

“Selamat kepada para kepala desa yang terpilih, dan yang kalah silahkan membantu dan membangun daerahnya juga dengan cara lain. Karena kalian adalah satu kekerabatan dalam rumpun keluarga yang sama,” kata Andi Fadli yang merupakan salah seorang pemerhati desa.

TONTON JUGA