LUWU UTARA – Kegiatan Kolaborasi Bakti Sosial Donor Darah bertema “Donorkan Darah dan Bantu Selamatkan Nyawa” yang dilaksanakan di Masjid Baiturrahman, Kecamatan Mappedeceng, Senin (22/11/2021), sungguh begitu menggugah karena adanya misi kemanusiaan.

Baca Juga : Aksi Pria Tikam Ayahnya, Ini Sebabnya

Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, di antaranya Pemerintah Kecamatan Mappedeceng, LPPKM-BKPRMI Mappedeceng, Mahasiswa KKN-IAIN Palopo, PMI, Karang Taruna, UPT. Transfusi Darah Dinas Kesehatan, UPT. PKM Cendana Putih dan pemerintah desa setempat.

Meski melibatkan multipihak, pelaksanaan kegiatan donor darah tetap pada koridor penerapan protokol kesehatan COVID-19 dan berhasil mengumpulkan sebanyak 29 kantong darah, serta 18 orang calon donor darah yang mengalami penundaan.

Kepala UPT Transfusi Darah Dinkes Luwu Utara, Andi Bahtiar, mengatakan kegiatan ini sengaja melibatkan banyak pihak sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap sesama manusia.

“Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama juga sekaligus memenuhi kebutuhan stok darah kita,” kata Andi Bahtiar.

Dikatakan Bahtiar, darah yang telah didonorkan akan memberikan banyak manfaat terhadap sesama manusia, utamanya yang membutuhkan darah, seperti korban kecelakaan, bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu, dan manusia dengan penyakit serius.

Ia pun tak lupa berterima kasih kepada semua pihak, terkhusus para pendonor yang telah ikhlas mendonorkan darahnya.

“Terima kasih kepada semua pihak. Sekali lagi, donor darah ini akan sangat membantu selamatkan nyawa manusia,” tandasnya.