SULTRA – Video viral kembali beredar di media sosial, menampakkan sosok dua orang kakak beradik yang rela gantian memakai sepasang sepatu untuk sekolah, di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga : Viral Video Syur Anak Muda Warga Garut

Adegan yang ditampilkan dalam video tersebut berhasil membuat puluhan ribu netizen merasa pilu.

Dalam video tersebut menampilkan sesosok anak laki-laki yang tampak memasangkan sepatu kepada seorang anak perempuan. Mereka bernama Riski (9) dan Nadia (11).

Sepasang kakak beradik itu telah melakoni hal tersebut sejak Rizki duduk di kelas 3 dan Nadia di kelas 4 SDN 3 Wameo, Kota Bau-Bau. Kondisi ekonomi memaksa mereka saling bergantian sepatu serta menutup telinga dari ejekan beberapa teman sekolahnya.

Ibu mereka, Mardiana (30) juga mengatakan, mereka kerap kali tidak masuk sekolah karena tidak punya ongkos transportasi naik ojek, atau kadang berjalan kaki ke sekolah.

Kapolres Bau-Bau, AKBP Zainal Rio Tangkari yang menyaksikan video viral mereka, sigap memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah termasuk sepatu untuk kakak beradik tersebut.

Ia mengatakan, inilah power dari sosial media.

“Ini adalah kekuatan media sosial, saya tidak pernah kenal mereka sebelumnya. Saya baca pesan yang teman-teman kirimkan buat saya terharu, saya membayangkan dulu waktu kecil, kurang lebih hampir sama,” ucapnya.

Zainal berharap, mereka bisa menjadi orang-orang hebat di kemudian hari.

“Di tengah keterbatasan ini, mereka masih punya semangat dan yakin Allah itu pasti memberikan pertolongan kepada mereka yang mau berusaha. Bantuan dari saya hanyalah agar mereka senang, memberikan semangat untuk tetap sekolah. Harapan saya, mereka menjadi orang hebat di kemudian hari,” harapnya.