GOWA – Didampingi Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Selasa (23/11/2021).

Turut hadir mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, jajaran Forkopimda Sulsel, Bupati Gowa, Bupati Jeneponto.

Baca Juga : Jokowi Disambut Plt Gubernur Dalam Kunjungan Ketiga Kalinya Selama 2021 di Sulsel

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan, hadinya bendungan ini akan mendukung dalam meningkatkan hasil pertanian.

Didampingi Plt Gubernur, Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe
Didampingi Plt Gubernur, Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe

“Alhamdulillah, bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” kata Jokowi dalam sambutannya sebelum peresmian.

Lanjutnya, “bendungan yang nantinya akan mengairi 7 ribu hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto dan ini bendungannya ada di kabupaten Gowa tapi yang mendapatkan manfaat adalah para petani di kabupaten Jeneponto,” tururnya.

Menurutnya, 7 ribu hektare sebuah luasan yang sangat besar sekali. Sehingga dengan adanya bendungan Karraloe ini, petani yang sebelumnya hanya panen padi dan palawija sekali. “Nanti insya Allah bisa 2 kali panen padi dan sekali palawija, sehingga bisa meningkatkan pendapatan, income, kesejahteraan bagi para petani,” ungkapnya.

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim hari ini saya resmikan bendungan Karraloe di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan,” ucapnya menutup sambutannya.

Bagi Andi Sudirman, ini bukan kunjungan pertama kalinya. Dimana sebelum diresmikan, dirinya sempat melihat langsung progres pembangunan bendungan ini. Pada setahun lalu atau tepatnya 21 November 2020, kala itu Andi Sudirman masih sebagai Wakil Gubernur Sulsel meninjau langsung progres pembangunannya.