JAKARTA – Dalam rangka mendukung literasi iklim, Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan Partai Gelora akan tanam 10 juta pohon yang dicanangkan pada 28 November nanti.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Gelora Talk bertajuk ‘Ancaman Climate Change, Bagaimana Sektor Pertanian dan Kelautan Nasional Menghadapinya?’, Rabu (24/11/2021).

Baca Juga : Optimalkan Peran Perempuan, Gelora Makassar Launching Program PIPI

Anis Matta juga mengajak BMKG, perguruan tinggi dan semua pihak untuk ikut serta dalam berkolaborasi mendukung program literasi perubahan iklim kepada masyarakat.

Menurutnya, literasi ini penting agar masyarakat mendapatkan informasi awal dan mengetahui cara melakukan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim, terutama dalam sektor pertanian dan kelautan.

“Jadi ada tindak lanjut yang bisa kita kolaborasikan, yaitu program literasi iklim kepada petani dan nelayan,” kata Anis.

Ia, lanjutnya, masyarakat  bisa melakukan mitigasi apabila mendapatkan informasi awal sehingga hal itu membawa dampak pada peningkatan kesejahteraan mereka.

Ketua Umum Partai Gelora ini berharap Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika (BMKG) dan perguruan tinggi bisa mempelopori program literasi perubahan iklim ini.

“Jadi program literasi iklim ini, saya kira tema kerja sama yang sangat menarik, memberikan penjelasan kepada masyarakat maupun pelatihan-pelatihan,” katanya.

Salah satu cara memberikan literasi tersebut, antara lain melalui ajakan untuk menanam pohon untuk menghadapi perubahan iklim. Pada 28 November nanti, Partai Gelora akan mencanangkan program Gelora Tanam 10 Juta Pohon di Jawa Barat.

“Jika kader kami saat ini lebih dari setengah juta orang,  maka kira-kira setiap kadernya akan menanam sekitar 20 pohon terhitung dalam dua tahun kedepan, terhitung dari dari tanggal 28 November sampai dengan November 2023,” kata Anis Matta.