MAKASSAR – Dinas Pendidikan Sulsel secara resmi melaunching aplikasi Smart School, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Provinsi Sulsel, yang dipusatkan di Nipah Mall Makassar, Kamis (25/11/2021). Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Imran Jausy, hadir secara langsung melaunching aplikasi tersebut.

Baca Juga : Mengenal Kecamatan Ujung Tanah

Andi Sudirman mengatakan, pendidikan berbasis digital harus terus digalakkan.

“Pendidikan berbasis digital harus digalakkan sekarang, karena pengendalian pandemi tentu terus dilakukan. Di lain hal, kita tidak boleh kedodoran persoalan pendidikan,” kata Andi Sudirman, di sela peringatan Hari Guru Nasional.

Menurutnya, persoalan pendidikan harus memiliki standarisasi. Hadirnya aplikasi Smart School sebagai sebuah pendekatan tetap mengedepankan kualitas dan mutu, yang diterima secara seragam oleh peserta didik se-Sulsel.

“Tidak ada lagi persoalan perbedaan kualitas, tetapi bagaimana kemauan belajar mereka kita tingkatkan,” ujarnya.

Sekedar informasi, aplikasi Smart School ini diciptakan agar para siswa bisa belajar dari mana saja. Mengingat selama pandemi, ada banyak kendala yang dihadapi siswa, orangtua murid, serta guru, saat belajar daring.

“Kehadiran aplikasi Smart School ini menjadi jawaban atau solusi terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi para orangtua, peserta didik, hingga guru, di masa pandemi seperti sekarang,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sulsel, Muh Asqar.

Ia menjelaskan, ada sejumlah layanan dalam aplikasi Smart School ini. Antara lain, presensi, live streaming, live delay, arsip e-learning, data akademik, data aset, persuratan, perpustakaan digital, chating, e-koperasi, CBT, hingga kepegawaian.

“Smart school menggunakan jejaring sosial untuk pembelajaran, dengan memperhatikan beberapa hal. Dimana, setiap kelas atau kelompok virtual dikelola oleh guru, setiap kelas memiliki kode kelas yang akan digunakan sebagai password bagi siswa masuk kelas,” jelasnya.