MAKASSAR – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI Wilayah 07 (Sulsel-Sulbar-Sultra-Maluku) kembali membuktikan komitmennya untuk meningkatkan Ekspor melalui BNI Xpora, One Stop Solution bagi UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya hingga ke taraf internasional.

Baca Juga : De’ Upakasirisiki Ndi’

Sejalan dengan hal tersebut, BNI Kantor Wilayah 07 Makassar menggandeng Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan untuk memberikan pelatihan berupa strategi dan tata cara untuk masuk ke pasar global kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Makassar, Kamis (25/11/2021).

Pemimpin BNI Wilayah 07, Hadi Santoso melalui sambutannya menuturkan, pelaksanaan pelatihan ini merupakan bagian dari BNI Xpora.

“Pelaksanaan pelatihan ini adalah salah satu bentuk kegiatan dari BNI Xpora kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kapabilitasnya dengan melakukan pendampingan dan memberikan solusi keuangan bagi pelaku UMKM. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari dan kami berharap dengan adanya pelatihan ini dapat menjadikan UMKM yang ada di Kota Makassar menjadi UMKM yang Go Global, Go Productif dan Go Digital,” tutunya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, menyampaikan peluang ekspor yang sangat besar di beberapa negara.

“Saat ini peluang ekspor sangat besar untuk tujuan negara seperti jepang, korea selatan dan timur tengah serta negara-negara lainnya. Perbankan agar terus berupaya mendorong UMKM untuk masuk ke pasar global dengan melakukan pendampingan, seperti halnya yang dilakukan oleh BNI Xpora yang sangat membantu pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan kapasitasnya dalam pengolahan dan pembiayaan usaha agar produk-produk lokal dapat menembus pasar global yang terbuka sangat luas,” ucap Causa.