BISNIS – Dalam dunia invetasi digital, Crypto merupakan salah satu dari sekian banyak pilihan tersedia. Namun, ada banyak istilah lazim yang masih jarang dimengerti oleh khalayak.

Baca Juga : Dukung Kesiapan Industri BEV, Ini 3 Teknologi Prioritas BRIN

Berikut 5 Istilah lazim dalam Cryptocurrency yang wajib anda pahami.

1. Blockchain

Blockchain merupakan buku besar virtual daftar dari serentetan transaksi cryptocurrency yang diproses, diverifikasi, dan dicatat.

Blockchain terdesentralisasi, berarti tidak disimpan di satu mesin atau bahkan di satu jaringan. Sebaliknya, ini ada di komputer seluruh dunia yang dapat diakses karena internet.

2. Fiat

Fiat merupakan sebuah alat tukar atau mata uang yang dikeluarkan pemerintah. Jika berada di Amerika Serikat itu berarti dolar AS.

3. Altcoin

Altcoin merupakan mata uang alternatif kripto selain bitcoin.

Altcoin berasal dari peenggabungan kata alternatif dan koin. Dimana saat ini, ada lima mata uang dengan kapitalisasi pasar tertinggi. Di antaranya, Bitcoin, Ethereum, Koin Binance, Tether, serta Solana.

4. DeFi

DeFi merupakan versi singkat dari keuangan terdesentralisasi, mengacu pada transaksi keuangan yang terjadi tanpa perantara, baik pemerintah, bank, atau lembaga lainnya.

5. Mint

Mint ini merupakan pencetakan file, seperti JPEG atau GIF ke blockchain. setelah NFT dicetak, NFT dapat dijual atau diperdagangkan.

Anda berpatisipasi dalam mint berarti anda orang pertama yang membeli karya tersebut dari penciptanya.

Dalam proses pencetakan, pencipta dapat menentukan royalti yang mereka terima dari penjualan di masa mendatang.