JAKARTA – Terpilih dalam kegiatan Innovative Government Award (IGA) 2021. Dari 39 Daerah Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Danny Pomanto Paparkan 61 Inovasi, di Gedung Kemendagri Jakarta, Kamis (25/11/21).

Baca juga: Danny Sambut Hangat Kunjungan Silaturahmi Mentan RI, Canangkan Lorong Pertanian

Dalam paparannya ia menyampaikan ada 61 total inovasi diantaranya 20 Inovasi pelayanan publik, 23 Inovasi berbasis layanan digital, 6 inovasi untuk Inovasi pengembangan daerah, 9 inovasi untuk pengembangan SDM, 2 Inovasi untuk lingkungan hidup, dan 1 inovasi untuk pengembangan infrastruktur.

“Dua diantara 20 yakni Utarakan Giatmu jadi ini adalah sebuah pendidikan bagi anak-anak sekolah dasar dengan bermain ular tangga raksasa mereka bisa memahami tentang bagaimana memelihara pengetahuan tentang gigi dan mulut. Terus “bajiki” bajiki itu bahasa Makassar nya mari memperbaiki yang merupakan kepanjangan dari Biasakan anak jauhi karies gigi. Kita konsen disini karena kami mencegah kerusakan gigi pada anak,” ujarnya..

Ia juga melanjutkan, Inovasi pelayanan publik berbasis digital. Dong kelor (dongeng keliling online dari rumah). Dimana hasil dari dong kelor ini menghasilkan story teller bukan hanya dongeng biasa namun tentang sejarah kota Makassar pun dihadirkan didalam dong kelor ini yang nantinya akan menghiasi 5.000 lorong wisata.Tak hanya itu, Inovasi Karaeng yaitu Komunitas Kreatif Kota Daeng.

“Jadi nanti kita kumpulkan orang kreatif dari segala bidang di Kota Makassar. Kami juga punya inovasi pengembangan daerah dimana pada hari kebudayaan seluruh penduduk Makassar memakai baju daerah asalnya masing-masing. Kalau pada saat ultah kota pake baju Makassar. Disitulah cara kami memperkenalkan budaya,” sebutnya.

Ia juga, memaparkan smart truck dimana bentuk perlawanan terhadap inflasi, Duta KTR (kawasan Tanpa Rokok), Radio sehat yang menyasar anak SD-SMP semacam perkenalan podcast tapi dalam kesehatan.