KESEHATAN – Madu Manuka merupakan salah satu madu dengan kualitas tinggi yang diproduksi langsung dari Selandia Baru. Selain menghilangkan jerawat, juga mampu mengatasi rosacea, serta beberapa masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Laptop Layar Sentuh

Berikut 5 manfaat dan khasiat madu manuka bagi kesehatan.

1. Mengobati Jerawat dan Rosacea

Madu Manuka populer di kalangan A-listers karena sering digunakan untuk mengobati jerawat dan rosacea.

Memiliki sifat antibakteri yang kuat membantu membunuh bakteri penyumbat pori-pori dan mencegah jerawat tidak diinginkan.

Berdasarkan hal ini, efek anti inflamasi dapat menyebabkan kulit terlihat kurang merah, mengurangi peradangan jerawat, serta membantu mempertahankan kelembaban kulit dan mencegah kekeringan.

2. Obat Pilek dan Flu Alami

Tidak hanya mengobati jerawat dan rosacea, juga dapat menyembuhkan pilek serta flu secara alami.

Penuh dengan sifat antibakteri, rumah sakit sekarang bahkan menggunakan madu manuka untuk menangkal strain bakteri resisten antibiotik yang menyebabkan kondisi berpotensi mengancam jiwa, seperti MRSA dan VRE.

3. Membantu Kesehatan Usus dan Sistem Pencernaan

Penggunaan paling tradisional untuk madu Manuka adalah untuk membantu kesehatan usus dan sistem pencernaan. Telah ditemukan untuk menyeimbangkan bakteri jahat di usus, yang dapat menyembuhkan serta menenangkan pencernaan.

4. Mengobati Luka Pada Tubuh

Untuk goresan kecil dan luka kecil, madu manuka dapat digunakan membantu proses penyembuhan luka pada tubuh atau permukaan kulit. Rasa manisnya memiliki efek menghilangkan kelembapan dari jaringan yang rusak.

Tak jarang juga terlihat dokter hewan menggunakan madu ini pada luka hewan, terutama kuda.

5. Meredakan Sakit Tenggorokan

Dalam kasus sakit tenggorokan, madu Manuka bisa menjadi obat cepat untuk bantuan segera.

Efek antibakteri dan antivirus bekerja untuk mengurangi peradangan di tenggorokan dan meredakan rasa sakit yang Anda rasakan.