ENREKANG – TP-PKK Kabupaten Enrekang meraih juara 3 dalam lomba masak menu sehat pangan lokal menggunakan kompor induksi. Lomba Eksibisi Masak ini dilaksanakan di Hotel The Rinra, Minggu (31/10).

Baca Juga: Wakil Bupati Enrekang Jadi Pembicara di Kegiatan Pembinaan Mualaf Baznas

Acara ini digelar oleh TP-PKK Sulsel bekerjasama dengan PLN. Lomba dirangkaikan dengan 76 tahun Hari Listrik Nasional.

Lomba Masak mengangkat tema ‘Pangan Bergizi Berbasis Sumberdaya Lokal Menggunakan Kompor Induksi Dalam Rangka Penerapan Green Living’.

Lomba diikuti 19 TP-PKK Kabupaten/Kota se-Sulsel, dengan peserta Ketua TP-PKK didampingi satu kader. Ketua TP-PKK Enrekang Hj. Johra MB beserta para pengurus nampak antusias mengikuti acara.

Peserta dinilai oleh 5 juri. Masing-masing Chef Norman Ismail dari Jakarta , 3 juri dari TP-PKK Propinsi Sulsel dan 1 dari PT. PLN.

“Lomba ini sekaligus mensosialisasikan tentang penggunaan kompor induksi, agar membudayakan Green Living atau ramah lingkungan,” ucap Hj. Johra.

Hj. Johra mengatakan, penggunaan kompor induksi bermanfaat banyak. Ini upaya penerapan gaya hidup yang serba memanfaatkan energi listrik atau electrifying lifestyle.

“Kompor induksi sebenarnya lebih mudah digunakan daripada kompor gas, tinggal tekan. Sudah ada menu pilihan memasak, ada pengaturan kekuatan panas dan tingkat kematangannya,” jelasnya.

Selain hemat, kompor induksi juga lebih aman dan ramah lingkungan. Namun diperlukan lagi sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat kompor induksi.

“Ini perlu tersosialisasi secara luas mengenai manfaat dan cara penggunaan. Utamanya di pedesaan yang masih mengandalkan gas bahkan kayu bakar,” ujarnya menyarankan.

Acara ini dihadiri oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua TP-PKK Sulsel Naomi Octarina, beserta PIKK PLN.

Juara pertama adalah perwakilan dari Kabupaten Luwu mendapatkan hadiah pembinaan senilai Rp5 juta, juara kedua diraih Kota Parepare dengan hadiah Rp3 juta dan pemenang ketiga adalah perwakilan Kabupaten Enrekang dengan hadiah Rp2 juta.