ENREKANG – Kabupaten Enrekang meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 tingkat Pratama oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Republik Indonesia.

Baca Juga: Bupati Enrekang Sambut 432 Peserta KKN Angkatan 66 UIN Alauddin Makassar

Penganugerahan APE tersebut diumumkan secara daring yang diikuti langsung oleh Bupati Enrekang didampingi Ketua DPRD Enrekang, Kadis PPPA dan Ketua Tim Penggerak PKK bertempat di Pendopo Rujab Bupati, Rabu (13/10).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Enrekang Burhanuddin menyampaikan Enrekang berhasil mendapatkan penghargaan pertamanya setelah dilakukan evaluasi pengarustamaan gender dengan 7 komponen yang harus dipenuhi.

“Alhamdulilah ini merupakan penghargaan APE pertama kita, melalui dukungan Bupati hingga ketua PKK yang mengarahkan sehingga penghargaan kategori Pratama ini didapatkan,” ucapnya.

Selain itu upaya yang akan dilakukan kedepannya akan dibentuk perda, hingga pelatihan bagaimana perencanaan dan penganggaran bernuansa gender sebagai bentuk komitmen bersama dalam pengarustamaan gender.

Bupati Enrekang Muslimin Bando dalam sambutannya menyampaikan perlunya kolaborasi antara Pemerintah dan DPRD hingga antar OPD untuk menciptakan keadilan gender.

“Ini merupakan langkah awal, kedepannya bersama DPRD menjawab keberpihakan kesetaraan gender melalui Perda hingga kebijakan nantinya”tegasnya.

Penerima penghargaan APE ini terdapat empat kategori yakni tingkat pratama (pemula), madya (pengembangan), utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan mentor.