BANTAENG – Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin mengikuti kegiatan Webinar Puskesos Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) dalam rangka memperluas praktik, baik pelaksanaan monografi desa dan kelurahan dalam memperkuat pelaksanaan perlindungan sosial melalui zoom meeting, di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng, Kamis (12/8).

Baca Juga: Bupati Bantaeng Tegaskan Belajar Tatap Harus Ketat Prokes

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Suharso Monoarfa dalam sambutannya mengatakan desa dan kelurahan menjadi sangat strategis karena sangat dekat dengan masyarakat dalam mengembangkan pusat sistem pelayanan terpadu. “Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama bisa dilakukan rencana kerja untuk pemutakhiran data desa dan kelurahan”, tuturnya.

Beberapa wilayah yang telah sukses menerapkan SLRT diantaranya adalah Kabupaten Bandung, Kabupaten Sleman, Kabupaten Sragen, Kabupaten Siak,namun hanya Kabupaten Bantaeng yang menjadi salah satu perwakilan di seluruh Indonesia.

Bupati Bantaeng menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan puskesos di wilayah kabupaten bantaeng. “Puskesos SLRT menjadi sesuatu terpenting khususnya di Kab. Bantaeng dan menjadi pusat di seluruh program kegiatan dengan memotret hal real di lapangan. Kehadiran SLRT sangat membantu kami dalam menurunkan tingkat kemiskinan”, katanya.

Bupati juga menambahkan bahwa salah satu yang membanggakan yaitu lahirnya Perda tentang perlindungan sosial di Kab. Bantaeng, semua unit kelembagaan mempunyai komitmen dalam menjadikan potret dalam program kebijakan potensi daerah. Karena masalah kemiskinan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab kita semua.