MAKASSAR – Viral di media sosial, baru-baru ini pengguna kembali diramaikan dengan adanya sebuah video viral yang menunjukkan pernikahan unik dengan sebuah buku sebagai maharnya, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga : 595 Peserta di Sulsel Telah Ikuti SKB Kesamaptaan CPNS Kemenkumham

Pasangan pengantin Muh. Arham Mansur (27) dan Faeka Angryani (26) mengikat janji dengan mahar sebuah buku yang ditulis sendiri oleh mempelai laki-laki tersebut.

Pernikahan hakikatnya merupakan sebuah ritual sakral dimana kedua mempelai dipersatukan untuk mengikat janji sehidup semati. Namun, tidak sedikit orang menganggap pernikahan sebagai ajang pamer kekayaan. Nilai seorang wanita hanya diukur dengan seberapa banyak jumlah nominal uang panaik yang mampu diberikan seorang pria.

Namun tidak bagi Arham, dia memandang pernikahan bukan sekedar emas dan nominal rupiah.

Arham mengatakan, pernikahan lebih dari sekedar harta.

“Lebih dari itu! menikah itu tentang tanggung jawab dan perjuangan lelaki terhadap wanitanya,” ungkap Arham.

Selain menyiapkan mahar emas dan uang panaik, Arham secara khusus menyiapkan buku yang ia tulis sendiri berjudul ‘wanitaku’ sebagai mahar.

Kisah yang arham tulis didalam buku Wanitaku merupakan perwujudan emas bagi mereka, selain mahar dan panaik yang diucapkan di dalam akad.

Gali lubang tutup lubang menabung bersama untuk biaya pernikahan mereka, orang bilang carilah wanita yang menemanimu dari nol, akan tetapi apa yang dilakukan Faeka Angryani bukan dari nol lagi, melainkan mulai dari mines.

“Wanita yang menolak tawaran orang tuanya untuk melanjutkan pendidikan S2 nya. Wanita yang menolak lamaran dari seseorang. Wanita yang tidak kenal gengsi untuk berjualan apapun yang penting menguntungkan dan yang pasti halal. Wanita yang memilih satu laki-laki sejak tahun 2010 sampai sekarang. Wanita yang rela tidak belanja akan kebutuhannya demi memenuhi kebutuhan kekasihnya,” tulisnya dalam buku wanitaku.

Baca Juga : 5 Fakta Pemuda Pancasila Keroyok Polisi