KAIRO  – Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin Kambo tengah melakukan lawatan di Kairo, Mesir. Disela-sela kunjungannya tersebut, Syafruddin melakukan Tudang Sipulung dengan Kerukunan Keluarga Sulawesi, organisasi tempat berhimpunnya mahasiswa asal Sulawesi, yang digelar di Baruga Sulawesi , Nasr City, Kairo, Minggu malam (29/11/2021).

Baca Juga : Syafruddin Pimpin FKPM Kunjungi Al-Azhar

Dihadapan puluhan mahasiswa asal Sulawesi tersebut, Syafruddin menyampaikan pentingnya membangun networking, atau jaringan.

“Walaupun berbeda, tapi membangun networking itu harusnya selaras dan seimbang dilakukan,” pesan Syafruddin Kambo.

Ia menambahkan, membangun jaringan dengan berkumpul sesama satu daerah di tanah rantau memiliki dampak positif. Sebab, dikesempatan itu adalah waktu untuk bernostalgia sambil menenangkan hati.

“Menurut penelitian, berkumpul dengan keluarga itu adalah kebahagiaan nomor satu di dunia ini. Nah di tanah rantau, bisa berkumpul dengan teman sesama ras, sama kampung di tanah rantau itu adalah obat bahagia. Bukan karena banyak duit,” tambah mantan Wakapolri tersebut.

“Itulah pentingnya membangun networking. Jadi jangan ada sekat,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, membangun jaringan dari sejak dini akan terasa di masa yang akan datang. Sebab, jaringan terbangun akan membuka pintu adanya saling membantu satu sama lain.

“Membangun networking itu untuk masa depan adek-adek juga. Membangun jaringan bisa saja menciptakan peluang-peluang baru dari jaringan adek-adek yang telah terbangun,” ujarnya.

Sementara itu, di akhir Tudang Sipulung, Syafruddin memberikan 5 beasiswa bagi mahasiswa asal Sulawesi yang tengah menjalani studi di Universitas Al Azhar Mesir.

Baca Juga : Syafruddin: Pemuda Pencipta Sejarah di Masa Depan