Akumulasi Publikasi Unhas Terindeks Scopus Capai 5.555 Artikel

  • Whatsapp

RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Universitas Hasanuddin terus mendorong geliat publikasi ilmiah pada jurnal bereputasi, khususnya yang terindeks Scopus. Berdasarkan data terbaru, per hari ini, Jum’at (18/9), jumlah akumulasi artikel ilmiah Unhas yang tercatat dalam indeksasi Scopus telah mencapai 5.555 artikel. Capaian ini menempatkan Unhas berada pada peringkat ke-10 nasional untuk akumulasi artikel di database Scopus.

Selain itu, khusus untuk capaian tahunan, hingga bulan September 2020 ini, Unhas telah mencatatkan 1.500 artikel terindeks Scopus. Jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di Indonesia, Unhas berada pada peringkat ke-4 nasional.

Bacaan Lainnya

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D, menjelaskan bahwa capaian ini merupakan hasil dari kerja kolaboratif sivitas akademika Universitas Hasanuddin. Masing-masing pihak menjalankan peran strategis, mulai dari dosen, pimpinan fakultas, universitas dan unit pendukung.

“Tentu saja, capaian artikel terindeks Scopus diawali dengan terdapatnya dosen dan peneliti yang menulis artikel. Disinilah peran dosen dan sivitas akademik Unhas sangat penting. Pimpinan fakultas dan universitas memberikan stimulus dan dorongan sebagai bagian dari strategi meningkatkan jumlah publikasi,” kata Suharman.

Universitas Hasanuddin juga memiliki unit kerja yang khusus menangani publikasi ilmiah bagi dosen, yaitu Publication Management Center (PMC). Secara rutin, PMC melakukan pendampingan, mengadakan workshop dan pelatihan, serta membantu dosen dan peneliti Unhas untuk memastikan artikel ilmiah mereka terpublikasi pada jurnal-jurnal dengan reputasi tinggi.

Selain melalui jurnal ilmiah, fakultas dan unit kerja lainnya juga aktif menggelar konferensi internasional dan pertemuan ilmiah lainnya, dengan luaran yang terindeks Scopus. Dengan pendekatan ini, maka terdapat ruang yang luas bagi sivitas akademik Unhas untuk menghasilkan publikasi pada prosiding bereputasi.

“Ibu Rektor secara rutin terus mendorong pimpinan fakultas untuk mencapai target publikasi yang telah ditetapkan setiap tahun. Tahun 2020 ini, Unhas sebenarnya hanya menargetkan 1.750 artikel terindeks Scopus. Namun, melihat trend capaian pada bulan September yang telah mencapai 1.500 ini, maka ada kemungkinan kita akan melampaui target,” papar Suharman.

Dengan capaian ini, Unhas berharap dapat terus mendorong posisinya sebagai perguruan tinggi yang diperhitungkan di Indonesia, dan bersiap menuju world class university. Selain mendorong jumlah publikasi, Unhas juga kini sedang memacu peningkatan sitasi ilmiah.(*)

Pos terkait