Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Webinar Nasional Mengelola Pasien Covid-19 dan Non Covid-19

  • Whatsapp

RAKYAT NEWS, MAKASSAR –¬†Kelompok Keilmuan Manajemen Keperawatan, Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin menggelar Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Webinar Nasional. Kegiatan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) wilayah Sulsel.

Webinar bertema “From Nurses to Nurses & Community: Peran Perawat Manajer dan Pelaksana dalam Mengelola Pasien Covid-19 dan Non Covid-19 pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”, berlangsung pukul 08.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (17/10).

Bacaan Lainnya

Mengawali kegiatan, Ketua panitia Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., Mn., Ph.D., menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-3 Fakultas Keperawatan Unhas. Awalnya, kegiatan ini dijadwalkan secara fisik, namun mengingat pandemi Covid-19, sehingga konsep pengabdian berlangsung daring.

“Jika dilaksanakan langsung ke komunitas maupun rumah sakit sepertinya tidak mungkin, karena kita masih dalam situasi pandemi. Namun, prakteknya tetap kita kembangkan kepada masyarakat,” jelas Rini.

Kegiatan pengabdian yang dikonsepkan dalam bentuk webinar, bersama narasumber profesi ners dari beberapa rumah sakit. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana berbagai informasi dan pengalaman terkait pengelolaan pasien Covid-19 dan non-Covid. Hal ini dapat menjadi ajang berbagi pengalaman.

“Alhamdullah, sesuai data kami jumlah peserta yang terdaftar ada 723 orang yang tersebar di 33 provinsi dan didominasi oleh dosen, mahasiswa, tenaga kesehatan, dan alumni,” sambung Rini.

Ketua DPW PPNI Sulsel Abdul Rakhmat, S.Kep., Ns., M.Kes., menyampaikan apresiasi atas komitmen dan dedikasi Fakultas Keperawatan Unhas yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Fakultas Keperawatan Unhas telah melahirkan perawat handal yang berkomitmen dan berintegritas. Kita patut mengapresiasi hal ini, karena alumni keperawatan telah membuktikan diri menjadi bagian penting dalam perkembangan perawatan saat ini,” jelas Rakhmat.

Lebih lanjut, beliau juga memberikan apresiasi atas capaian yang diraih oleh Fakultas Keperawatan Unhas diusia tiga tahun, seperti telah terakreditasi A BAN PT, dan Akreditasi Internasional ASIIN. Hal ini membuktikan adanya pengelolaan yang komprehensif.

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan. Menurut beliau, hal ini merupakan komitmen dan keinginan bersama untuk meningkatkan profesi ners lebih baik kedepan.

“Kegiatan ini sangat strategis untuk meningkatkan mutu kualitas dan komitmen sebagai suatu profesi mulia untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat,” jelas Ariyanti.

Setelah pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber yang dihadirkan. Kegiatan tersebut terbagi dalam tiga sesi dan dijadwalkan berlangsung hingga pukul 18.00 Wita.

Kegiatan Webinar menghadirkan 15 pembicara, yaitu:

1. Rini Rachmawaty, S.Kep., Ns., Mn., Ph.D (FKep Unhas)
2. Andriani, S.Kep., Ns., M.Kes., (FKep Unhas)
3. Indra Gaffar, S.Kep., Ns., M.Kep (FKep Unhas)
4. Dr. Dra. Werna Nontji, S.Kp., M.Kep (RSPTN Unhas)
5. Paridah Lairing, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUP Dr. Wahidin Sudirohusoda)
6. Sajekti Tjahjaningrum, S.Kep., Ns., M.Kep., (RSUD Labuang Baji Prov. Sulsel)
7. Syanti Dewi Tamher, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Dr. M. Haulussy Ambon)
8. Syaiful R. Tahir, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Undata Prov. Sulawesi Tengah)
9. Hermawati, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Mamuju)
10. Munawar, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Kota Baubau)
11. Amanah Restuyana Zainal, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Batara Siang Pangkep)
12. Satmayani, S.Kep., Ns., M.Kep (RSUD Barru)
13. Andi Baso Tombong, S.Kep., Ns., M.ANP (RSUD H. Andi Sultan Daeng Raja Bulukumba)
14. Intan Tryana, S.Kep., Ns., (RSUPN Cipto Mangunkusumo,Jakarta)
15. Ade Irma Rahayu, S.Kep., Ns., (RSAB Harapan Kita, Jakarta).

Pos terkait