Kejari Didesak Seret Semua Penerima Aliran Dana dari Kanre Rong

  • Whatsapp

RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sejumlah lembaga anti korupsi mendesak agar Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, memanggil dan memeriksa semua pihak yang diduga telah menerima aliran dana dari pengelola Kanre Rong Karebosi. Untuk menelusi aliran dana tersebut kejaksaan juga diminta menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK).

Direktur Sorot Indonesia, Amir Madeaming, mengatakan kejaksaan harus menggandeng PPATK, agar bisa diketahui siapa saja yang telah menerima aliran dana dugaan pungli lapak di kawasan Kanre Rong Karebosi.

Bacaan Lainnya

“Kemana uang sewa-menyewa lapak di sana itu harus ditelusuri. Makanya penting penegak hukum berkoordinasi dengan PPATK. Uang itu jelas merupakan hasil kejahatan pungli dan harus diusut tuntas,” kata Amir Madeaming via telepon, Kamis (22/10/2020).

Ia berharap dalam kasus ini tidak berhenti sekedar memberikan sanksi administrasi semata bagi pelakunya. Melainkan harus diusut tuntas hingga menyeret semua yang terlibat dalam dugaan pungli pengelolaan aset daerah itu hingga masuk ke persidangan.

“Pungli itu salah satu kejahatan yang menjadi penekanan Presiden Jokowi untuk diperangi. Sehingga dalam kasus pungli di Kawasan Kanre Rong ini harus diusut tuntas tak boleh ditoleransi. Tim saber pungli harusnya bergerak cepat tidak diam dalam hal ini. Semua yang menikmati aliran dana hasil dugaan pungli harus diseret dan dimintai pertanggungjawaban pidana,” tegas Amir.

Sebelumnya Kepala Seksi Intelejen Kejari Makassar, Ardiansyah Akbar kepada wartawan mengatakan pihaknya tidak akan kongkalikong dalam penyelelidikan kasus dugaan pungli di Kanre Rong.

“Kami akan serius dan tidak akan kongkalikong dalam penyelidikan dugaan pungli di Kanre Rong,” kata Ardiansyah Akbar.

Dia juga mengatakan dalam waktu dekat hasil penyelidikan intel akan di serahkan ke bidang Pidsus untuk ditingkatkan ketingkat penyidikan. (*)

 

Pos terkait