Plt Gubernur Sulsel Nyatakan Dry Port di Jeneponto Bakal Segera Dibangun

  • Whatsapp
dry port

RAKYAT NEWS, JENEPONTO – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyatakan kesiapan rencana pembangunan Lokasi Pergudangan untuk Pelabuhan Daratan atau Dry Port yang akan menjadi hub untuk wilayah Selatan. Hal itu ditandai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel bersama dengan Dirut PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dan Pemerintah Kabupaten Jeneponto, pada momen Hari Jadi Kabupaten Jeneponto ke 158, di Ruang Pola Kantor Bupati Jeneponto, Sabtu (01/05/2021).

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, melalui Dry Port ini akan menjadi pangkalan transit barang dari dan ke wilayah bagian Selatan. Hal ini sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah selatan, baik Jeneponto maupun daerah lainnya.

Bacaan Lainnya

“Kita akan bangun Dry Port bersama PT Pelindo sebagai hub di Jeneponto,” katanya.

“Ini kalau ada nanti hub-nya disini, malahan dari Takalar, dari Bantaeng ditarik barangnya masuk kesitu (Dry Port), nanti masuk kontainer baru dikirim. Sehingga, nanti tidak boleh ada truk pengangkut barang yang langsung mengirim ke lokasi pengiriman melainkan harus masuk ke Dry Port terlebih dahulu,” bebernya.

Hadirnya Dry Port ini, kata dia, nantinya akan mengurangi dampak kemacetan dan lebih mudah mendatangkan eksportir di Kabupaten berjuluk Butta Turatea ini. “Jadi tidak banyak truk masuk kota. Lebih mudah juga bagi para eksportir, para pelaku rumput laut, petani buah, dan sebagainya. Jeneponto nanti akan ada eksportir, sehingga akan ada geliat ekonomi disini,” terangnya.

Pos terkait