Hari Kebebasan Pers se-Dunia, AJI Makassar Gelar Aksi

  • Whatsapp
Hari Kebebasan Pers se-Dunia, AJI Makassar Gelar Aksi | Rakyatdotnews

RAKYAT NEWS, MAKASSARAliansi Jurnalis Independen(AJI) Kota Makassar dalam rangka Hari Kebebasan Pers se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 3 Mei, menggelar aksi di bawah Flyover, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (03/05/2021).

Aksi ini ditandai dengan simbol topeng hitam yang menandakan gelap dan suramnya kasus kekerasan yang di terima oleh rekan jurnalis sampai saat ini.

Bacaan Lainnya

hari kebebasan pers
Topeng hitam jadi simbol aksi yang digelar AJI Makassar

Adapun Rentetan Seruan dari Aksi yang Dilakukan adalah:

 

1. Proses Hukum Kekerasan yang Diterima oleh jurnalis Dinilai Lamban Bahkan Tidak Tuntas

Dalam catatan AJI Makassar dan LBH Pers Makassar, penyidik menetapkan 4 oknum polisi sebagai tersangka kasus dugaan kekerasan jurnalis pada tanggal 26 Februari 2020 pada kasus kekerasan yang menimpa Darwin dan kawan-kawan pada tahun 2019.

hari kebebasan pers
Ketua AJI Makassar, Nurdin Amir

“Namun, kasus ini hanya mengendap di penyidik Polda Sulawesi Selatan. Tidak ada proses hukum selanjutnya. Pembiaran ini mengusik rasa tidak adil kepada korban. Kami minta kasus ini ditindaklanjuti dan harus disidangkan di Pengadilan,” ujar Ketua AJI Makassar, Nurdin Amir.

2. Pejabat di Pemerintahan Provinsi Sulawesi Selatan Sejajaran, Tidak Memahami UU Pers

Dari beberapa kasus pelaporan terkait dengan UU ITE, pemerintahan yang di laporkan oleh pejabat publik sama sekali tidak memenuhi unsur dalam UU Pers, seharusnya mereka juga harus mematuhi UU Pers dan Memorandum of Understanding (MoU) Polri dan Dewan Pers.

Pos terkait