Rakyat News, Makassar – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan Harun Sulianto pantau pelaksanaan vaksinasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan keluarga pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makassar, yang dilaksanakan di Lapas Makassar bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar, Jumat(16/7).

Didampingi Kalapas Makassar Hernowo dan Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas  Ali, Kakanwil Harun mengelilingi  tempat  pengambilan kartu antrian, meja registrasi, cek data NIK,  screening kesehatan dan tempat penyuntikan.

Menurut Kalapas Makassar Hernowo, WBP dan keluarga pegawai terlihat sangat antusias mengikuti vaksinasi. Ini dibuktikan dari 500 vaksin yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar, telah terpakai sebanyak 435 vaksin, terdiri dari 286 orang WBP dan 149 pegawai beserta keluarganya.

Hernowo berharap setelah pelaksanaan vaksinasi, warga binaan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat.

Kakanwil Harun mengatakan, vaksinasi WBP ini sebagai ikhtiar untuk tingkatkan kekebalan komunal bagi wbp, agar terhindar dari covid 19.

Sejauh ini Vaksinasi Covid -19 telah dilaksanakan oleh 12 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Sulawesi Selatan dan telah menvaksin 2122 orang WBP yakni  dari Lapas Watampone 108 WBP ,Lapas Takalar 2 orang WBP, Rutan Barru 174 orang WBP, Rutan Pinrang 411 orang WBP, Rutan Sengkang 229 orang WBP, Rutan Sidrap 190 orang WBP, Rutan Soppeng 194 orang WBP, LPKA Maros 83 orang WBP, Rutan Makale 175 orang WBP, Rutan Sinjai 181, dan Rutan Selayar 89 orang WBP, Lapas Makassar 286 orang WBP.

Said Sangkala, Salah seorang WBP  menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah, khususnya Lapas Makassar atas pelaksanaan vaksinasi ini. “Kami berharap, semua WBP di Lapas Makassar dapat terhindar dari Covid-19,” Kata said.