RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel Harun Sulianto beri penguatan tugas dan fungsi kepada Kalapas, Ka Rutan, Kabapas dan Karupbasan se Sulsel  secara daring yang dipusatkan di Aula Rutan Makassar, Senin (19/7)

Didampingi dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi dan Kepala Bidang Pembinaan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sulsel Rahnianto.

Kakanwil  Harun, meminta  para Ka Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk cegah adanya  HP Ilegal , peredaran gelap narkoba,  pungli  dan gangguan kamtib lainnya. untuk memelihara  keamanan dan ketertiban, terus lakukan deteksi dini dan penggeledahan.

” Terus tegakkan kamtib dan pembinaan  kepada WBP dengan   mengedepankan Hak Asasi Manusia,” kata Harun

Kakanwil menyampaikan bahwa dalam rangka program Kumham Peduli Covid-19,  seluruh  jajaran diminta , berbagi dengan masyarakat sekitar yang membutuhkan barang kebutuhan seperti Sembako, Vitamin, Masker, dan pelayanan kesehatan .

Untuk cegah Covid 19, Harun meminta jajarannya selalu melaksanakan prokes secara  ketat, baik kepada  pegawai maupun warga binaan,“ lakukan koordinasi dengan Pemda, TNI, Polri setempat agar seluruh WBP dan tahanan dapat di Vaksin segera,“ pinta Harun

Dalam rangka Idul Adha, Kakanwil Harun minta jajarannya koordinasi dengan gugus tugas covid 19 setempat, tentang kegiatan sholat ied maupun pelaksanaan qurban.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi menyampaikan agar kondisi keamanan di Lapas dan Rutan ditingkatkan untuk mencegah pelarian narapidana.

“Saya ingatkan kembali, kemarin saya sudah buat Surat Edaran, meneruskan dari Dirjen PAS untuk meningkatkan kewaspadaan di lapas dan rutan,” Kata Edi

Edi minta Ka UPT  berkoordinasi dengan seluruh jajaran, memperkuat SDM yang ada, dan lakukan kontrol  di seluruh lingkungan lapas dan rutan.