Rakyatdotnews, Bantaeng – Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin bersama unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD memantau lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha 1442 Hijrah, Senin (19/07/2021).

Ada tiga lokasi yang dipantau langsung. Masjid Agung Syekh Abdul Gani, Masjid Raya Bantaeng, dan Lapangan Pantai Seruni. Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, Kabupaten Bantaeng saat ini berada pada zona kuning Covid-19.

Sehingga besok dapat dilaksanakan sholat Idul Adha. Kita diberikan ruang untuk melaksanakan sholat di Masjid dan Lapangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Khusus di lapangan Pantai Seruni kami menyiapkan 50 orang personil dari PSC untuk menjaga lima gerbang. Mereka akan menyiapkan masker, hand sanitizer, dan pemeriksaan suhu kepada para jamaah,” kata dia.

Andi Ihsan juga mengimbau kepada jamaah untuk melakukan physical distancing pada saat pelaksanaan sholat serta setelah pelaksanaan agar tidak melakukan kerumunan dan kembali ke ruamah. Sama halnya dengan tempat pelaksanaan sholat yang lain, malam ini kata dia telah dilakukan disinfeksi.

“Malam ini telah dilakukan disinfeksi 206 masjid dan 40 lapangan terbuka. Total 246 lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha. Besok juga kami akan sebar 412 tenaga kesehatan untuk memantau dan memaksimalkan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan sholat,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengatakan, selain memantau, dia juga terus melakukan sosialisasi pentingnya menjaga protokol kesehatan. Dengan menjaga Bantaeng dari Covid-19, diharapkan masyarakat dapat tetap produktif.

“Karena masih dalam kondisi pandemi, tak hentinya saya selalu mengingatkan kepada kita semua untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Insya Allah situasi pandemi ini tidak menghilangkan keberkahan Hari Raya Idul Adha,” kata Bupati peraih penghargaan peningkatan produksi pertanian di tengah pandemi itu. (*)