RAKYATDOTNEWS, MAKASSAR – Secara daring (online) menyeluruh, Universitas Hasanuddin akhirnya memutuskan akan mengadakan gelaran Wisuda Periode I Tahap 1 Tahun Akademik 2021/2022 pada tanggal 27 Juli 2021.

Keputusan ini diambil pada Rapat Panitia Wisuda dan Bagian Akademik Unhas, pada Rabu (21/7), pukul 10.00 Wita di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat.

Keputusan ini diambil sebagai respon terhadap situasi penyebaran Covid-19 yang menunjukkan trend meningkat di berbagai daerah.

Unhas sebagai kampus yang mengusung humaniversity ingin menjadi bagian dalam upaya mencegah proses penularan, sehingga potensi kerumunan dalam jumlah besar sedapat mungkin dihindari.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP menjelaskan bahwa selama beberapa wisuda terakhir, pihaknya terus melakukan evaluasi.  Salah satu kenyataan yang ditemui pada setiap pelaksanaan wisuda adalah sulitnya mencegah kehadiran keluarga wisudawan di sekitar lokasi.

“Selama masa pandemi ini, kita beberapa kali menggelar wisuda luring terbatas, dimana hanya wisudawan yang kita ijinkan hadir di Baruga Pettarani dan lingkungan kampus.  Namun kenyataannya, selalu saja orang tua, keluarga, dan kerabat wisudawan turut hadir,” kata Prof. Restu.

Wisuda merupakan momentum yang penting dalam perjalanan hidup setiap orang. Sehingga dapat dipahami jika pada saat prosesi wisuda, keluarga wisudawan ikut hadir meskipun pihak panitia telah menyampaikan agar mereka tidak ikut hadir.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa keputusan untuk melaksanakan wisuda secara daring menyeluruh ini cukup sulit.

Apalagi, Unhas telah beberapa kali dapat beradaptasi melaksanakan wisuda secara luring terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Dari pengalaman selama ini, kita bisa menerapkan protokol kesehatan di dalam ruangan tempat proses pelaksanaan wisuda. Akan tetapi situasi di luar ruangan yang sulit kita awasi. Maka kali ini kita putuskan untuk wisuda secara daring menyeluruh. Kami harap keputusan ini dapat dipahami oleh para wisudawan dan orang tua,” kata Suharman.

Teknis Pelaksanaan Wisuda

Panitia Wisuda dan Bagian Akademik Unhas telah memiliki pengalaman menggelar wisuda secara daring menyeluruh.  Hal ini telah dilaksanakan pada masa-masa awal pandemi pada tahun 2020 lalu.

Secara teknis, wisuda kali ini hanya akan dihadiri secara langsung di tempat prosesi acara oleh wisudawan terbaik dari setiap fakultas dan setiap jenjang pendidikan.

Wisudawan lainnya mengikuti proses secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, dari rumah atau tempat masing-masing.

Prosesi wisuda akan digelar di Baruga AP. Pettarani, yang dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Senat Akademik, Dewan Profesor, Majelis Wali Amanat, para Dekan, dan para Wakil Dekan Bidang Akademik.

Pengukuhan akan dilakukan secara simbolis kepada para wisudawan terbaik, sementara wisudawan lainnya dapat mengikuti dari rumah atau tempat masing-masing.

Jumlah Wisudawan

Wisuda Jenjang Sarjana, Profesi, Spesialis, Magister, dan Doktor untuk Periode I Tahap 1 Tahun Akademik 2021/2022 akan diikuti oleh 833 alumni baru, yang berasal dari 16 fakultas, dengan distribusi:

Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 44 wisudawan;
Fakultas Hukum: 62 wisudawan;
Fakultas Kedokteran: 72 wisudawan;
Fakultas Teknik: 71 wisudawan;
Fakultas Isipol: 65 wisudawan;
Fakultas Ilmu Budaya: 28 wisudawan;
Fakultas Pertanian: 50 wisudawan;
Fakultas MIPA: 43 wisudawan;
Fakultas Peternakan: 16 wisudawan;
Fakultas Kedokteran Gigi: 62 orang;
Fakultas Kesehatan Masyarakat: 36 wisudawan;
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 18 wisudawan;
Fakultas Kehutanan: 28 orang;
Fakultas Farmasi: 138 wisudawan;
Fakultas Keperawatan: 81 wisudawan;
Fakultas Pascasarjana: 19 wisudawan;

Penyerahan Ijazah dan Transkrip Nilai

Dalam kondisi yang lazim, ijazah dan transkrip wisudawan akan diserahkan pada saat prosesi wisuda.

Namun berhubung pelaksanaan wisuda dilakukan secara daring, maka para wisudawan dipersilahkan mengambil ijazah dan transkrip pada fakultas masing-masing, sehari setelah pelaksanaan wisuda.

Panitia Wisuda dan Bagian Akademik Universitas Hasanuddin akan menyampaikan secara detail teknis pengambilan ijazah dan transkrip nilai wisudawan.(*/ir)