RAKYAT NEWS, MAKASSAR ~ Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman melaunching secara resmi Fasilitas Isolasi Terintegrasi (FIT) untuk pasien Covid 19 di Asrama Haji Sudiang Makassar, Selasa 27 Juli 2021.

FIT yang diinisiasi oleh Pemprov Sulsel ini adalah suatu program kerjasama dengan Kanwil Kementerian Agama Prov. Sukawesi Selatan untuk memanfaatkan fasilitas yang dimiliki Asrama Haji Makassar sebagai tempat isolasi mandiri bagi pengidap Covid 19 tidak bergejala atau mengalami gejala ringan.

Ketua panitia kegiatan FIT dr. Drg. Abd. Haris Nawawi, M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa beberapa hari terakhir di Sulsel terjadi lonjakan kasus Covid sehingga ada beberapa kabuparen / kota yang mengalami perubahan dari zoba hijau bergeser menjadi kuning, dari kuning ke oranye bahkan merah.

“Kenyataan ini membuat kita waspada dan prihatin karena masih tingginya resiko inveksi Covid. Olehnya itu dengan melihat situasi ini sehingga Pemprov Sulsel atas motivasi dan inisiasi gubernur kita
melaunching FIT ini”, ujar dr. Haris Nawawi.

Dikatakannya, salah satu upaya yang dilakukan pemprov adalah menjamin ketersediaan kapasitas tempat tidur dan ruang isolasi covid serta obat-obatan  di seluruh rumah sakit (RS) di sulsel.

“Kita siapkan 2000 tempat tidur. Di Asrama Haji ini 1500 tempat tidur untuk pasien tidak bergejala atau bergejala ringan. Fasilitasnya setara hotel bintang tiga serta didukung dokter dan nakes yang memiliki kemampuan,  keterampilan dan  pengalaman menangani pasien covid”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan H. Khaeroni mengungkapkan bahwa Kementerian agama siap memberikan sepenuhnya yg dimiliki termasuk fasilitas Asrama Haji Makassar ini.

“Ada 13 gedung yang kami miliki dengan kapasitas 1500 tempat tidur. Namun untuk saat ini ada 8 wisma yang kami siapkan dengan kapasitas 700 tempat tidur”, ungkapnya.