RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E .Zulpan menegaskan kunjungan tim Pusjarah Mabes Polri ke Sulawesi Selatan dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

“Kunjungan Kapusjarah Polri di Makasar dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan Ketat,” kata Zulpan dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Zulpan mengaku kunjungan Kapusjarah Mabes Polri selama dua hari tersebut dalam rangka untuk melihat-lihat tempat bersejarah yang menyimpan sejarah perjuangan bangsa.

“Mengunjungi Badan Arsip Dan Perpustakaan Daerah Propinsi Sulawesi Selatan, Museum Balla Lompoa istana Kerajaan Gowa dan Komplek Makam Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa,” katanya.

Selain itu kata Zulpan kunjungan Kapusjarah Mabes Polri yang dipimpin Brigjen Pol Apriastini Bakti Bugiansri sekaligus melakukan pendataan sejarah perjuangan bangsa yang tersimpan di beberapa lokasi sejarah di Sulsel.

“Kapusjarah didampingi, Kabid diantaranya Kabid Rahtra AKBP Eddy P dan AKBP Joko Sarwoko dan melakukan pendataan sejarah di sulsel,” katanya.

Zulpan menambahkan beberapa lokasi sejarah lain yang dikunjunginya seperti Benteng Fort Rotterdam, Meseum La Galigo dan Makam Pangeran Diponegoro.

Sejauh ini kata Zulpan banyak situs sejarah yang tersimpan di Indonesia “untuk itu perlu adanya pendataan dan penelitian hingga penggalian situs sejarah termasuk di Polda Sulsel,” pungkas Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol E. Zulpan.