RAKYAT NEWS, SELAYAR – Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH, sampaikan bahwa fungsi pers bukan hanya fungsi pembangunan, hiburan, tetapi juga sekaligus control dalam setiap pemberitaan.

Hal ini disampaikan Wabup Saiful Arif, ketika menjadi pembicara saat Copi Morning yang digelar Dinas Kominfo, melalui Bidang Pemberitaan dan Informasi di lapangan Diskominfo, Kompleks Kantor Bupati, Jalan Jend. A. Yani, Kelurahan Benteng, Rabu (4/8/2021).

Saat Copi Morning dalam dialog dengan Wakil Bupati H. Saiful Arif, yang dihadiri 14 perwakilan media, diantaranya media cetak elektronik dan on line, dipandu oleh Kabid Pemberitaan Diskominfo yang juga dihadiri oleh beberapa staf Bidang Pemberitaan.

H. Saiful Arif sampaikan bahwa, Bupati dan Wakil Bupati, tidak mungkin mampu menjangkau segala aspek kehidupan, untuk memperbaiki yang pincang, sehingga disitulah fungsi pers, tetapi tetap menjunjung tinggi cek and ricek sehingga balance pemberitaannya.

“Kita hawatir kan kalau hanya berita pembangunan semata, tidak ada kontrolnya, Bupati dan Wakil Bupati tidak tahu bahwa berita tersebut sudah lama salah arah, sehingga tidak sadar,
bahwa berita itu ada sisi kontrolnya”, urai Wakil Bupati H. Saiful Arif.

Dia juga meminta dalam pemberitaan, tanpa ada Cek and Ricek, jangan juga yang menonjol hanya kontrol sosialnya semata, jika semua yang diberitakan selalu kontrolnya yang menonjol maka investasi akan malas masuk Selayar.

“Sadar atau tidak, selaku jurnalis kita menutup investasi masuk di Selayar, intinya kita seimbangkan carilah keseimbangan secara proporsional,” ujarnya lagi.

Sementara itu Kabid Humas dan Pemberitaan Diskominfo, Mursalim S. Sos, dalam pengantarnya menyampaikan bahwa rilis Pemerintah Kabupaten setiap kegiatan, adalah bagian dari program Dinas Kominfo Kepulauan Selayar dalam rangka menyamakan persepsi penyebarluasan informasi.