RAKYAT NEWS, JAKARTA – Mendukung belajar online atau pembelajaran jarak jauh, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi memperpanjang program Bantuan Kuota Data Internet.

“Bantuan ini akan disalurkan pada September, Oktober, dan November 2021. Penyalurannya dilakukan pada tanggal 11-15 setiap bulan,” ujar Nadiem Makarim dalam konferensi pers digital di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek Nadiem Makarim mengatakan perpanjangan kouta internet untuk mendukung pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh.

“Bantuan ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran. Kami juga memiliki kuota umum yang memberikan akses ke semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir Kominfo dan tidak tercantum dalam situs pembelajaran,” terangnya.

Nadiem juga meminta kepala satuan pembelajaran untuk segera memutakhirkan data siswa, mahasiswa, guru, dan dosen termasuk nomor ponsel paling lambat 31 Agustus 2021.

Kuota internet gratis yang diberikan masih sama dengan sebelumnya dan berlaku selama 30 hari sejak disalurkan. Berikut besarannya:

Peserta Didik jenjang PAUD mendapat 7 GB/bulan
Peserta Didik jenjang SD, SMP, dan SMA mendapat 10 GB/bulan
Pendidik Jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA mendapat 12 GB/bulan
Dosen dan mahasiswa mendapat 15 GB/bulan