SULUT – Gempa Bumi yang terjadi di Melongueane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada Kamis dini hari pukul 00.46 WIB membuat masyarakat setempat khawatir.

Berdasarkan Laporan Badan Meteorologi, Kimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa yang terjadi mencapai Magnitudo 7.1 dengan kedalaman 51 km.

“Gempa Bumi dirasakan 12 Agustus 2021, 00:46:17 WIB, Magnitudo 7.1, Kedalaman 51 Km, Lokasi 6.41 LU 126.74 BT, Pusat Gempa berada di laut 267 km Timur Laut Melongueane, dirasakan: IV Talaud, II-III Sangihe, II-III Bitung,” dikutip dari Laman Resmi BMKG, Kamis (12/08/2021).

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, mekanisme gempa yang terjadi mengalami pergerakan naik.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault),” Ujar Bambang dikutip dari Kompas.com.

Bambang juga mengimbau masyarakat sekitar pusat gempa agar tetap tenang dan memeriksa bangunan tempat tinggal agar memastikan kestabilan.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan, sebelum Anda kembali ke dalam rumah,” Sambungnya.

Gempa di Sulawesi Utara, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang