TAKALAR – Pernah dengar Jagung Varietas  SinHas, kalau saya baru mendengarnya. Akhir pekan ini berkesempatan  melihat langsung penelitian tentang  varietas Sintetis Unhas (SinHas ), Sabtu (14/8/2021).

Baca juga : Bidik 25 Ribu Ton Gula, Pabrik Gula Camming Dioperasikan

Bertempat di Desa Tarowang  Kecamatan Galesong Selatan atau sekitar 20 menit dari kota Makassar jika melalu jalur Tanjung – Barombong.

Penelitian yang di gawangi langsung  DR. Muhammad Farid BDR, MP, DR. Andi Ifayanti Ridwan Saleh SP.MP serta Prof .DR Ir Nasaruddin MS.

Jagung Varietas SinHas ini  merupakan hasil penyilangan dengan bibit Unggul   yang di harapkan cocok dengan keadaan  dan kondisi tanah yang kurang Nitrogen, hal ini di jelaskan oleh DR. Muhammad Farid BDR MP.

Dr. Farid menambahkan  dengan masa tanam sekitar 105 hari  varietas SinHas ini juga diharapkan memberi hasil memuaskan bagi para petani .

Penelitian yang memakan waktu sekitar 11 tahun ini  varietas ini di teliti oleh Ilmuwan Pertanian Unhas , dan 4 tahun yang lalu di canangkan nama varietas SinHas ini.

Bersama masyarakat Desa Tarowang di Galesong tanaman ini di kembangkan kepada petani  dan diharapkan varietasnya semakin meningkatkan taraf hidupnya.

Takalar, 14 Agust ’21

Mismayal Alkhaerat