MAKASSAR – Kabid pembinaan Divisi pemasyarakatan kanwil Kemenkumham Sulsel, Rahnianto selasa ( 24/8) mengatakan bahwa hari ini wargabinaan di Lapas Palopo mendapat Vaksin covid 19, sementara senin kemarin vaksin juga diberikan kepada WBP Lapas Watampone dan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Kalapas Palopo Indra Sofyan selasa ( 24/8), mengatakan bahwa sebanyak 150 WBP divaksin, merupakan kerjasama dengan Polres Palopo dan Puskemas Bara Permai Kota Palopo

Kalapas Narkotika, Yusran Saad menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi kemarin (24/8) Lapas Narkotika bekerjasama dengan Tim Mobile Vaksinator Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Jumlah vaksin yang telah disuntikkan senin kemarin sebanyak 397. Dengan rincian 277 orang untuk vaksin dosis kedua ( lengkap ) dan 120 orang untuk penerima vaksin dosis pertama.

Sebelumnya juga telah diselenggarakan vaksinasi sebanyak tiga kali di waktu yang berbeda, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Polres Gowa, dan Kodim 1409 Gowa. Total penerima vaksin di tiga kegiatan tersebut sebanyak 407 WBP dan semuanya untuk vaksin pertama.

“Total WBP yang ada di lapas Narkotika sebanyak 1152 orang, dan yang belum divaksin sama sekali sebanyak 625 orang WBP, kita akan upayakan agar mereka segera di vaksin,“ kata mantan kalaps jambi tersebut

Sementara itu dr. Ummu Kalsum Azis, salah satu tim dokter vaksinator mobile Pemprov Sulsel mengaku takjub melihat antusiasme WBP mengikuti vaksinasi dan ia tidak mendapati ada yang menolak untuk vaksin, terkecuali terkendala oleh faktor ketentuan penerima vaksin seperti tekanan darah, kondisi kesehatan, dan sejenisnya.

Kalapas Watampone Sudirman Zainuddin menyampaikan, bahwa senin kemarin 142 WBP di vaksin, yang merupakan kerjasama dg polres Bone , dinas kesehatan dan dinas dukcapil setempat.