MAKASSAR – Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan advokasi sebagai upaya pencegahan Covid19. Salah satu upaya yang dapat ditempuh yakni dengan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Baca juga : Aliyah Mustika Ilham Saksikan Ratusan Binaan Lapas Makassar Jalani Vaksin

Menghadirkan Direktorat Fasilitas Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Sarto, S. Kom, dan dari Dinas Kesehatan Prov Sulsel, drg Burhanuddin, M.Kes, Dinas Kesehatan Kota Makassar, drg. Ita Isdiana Anwar, M. Kes, memberikan pemahaman kepada warga Makassar tentang gerakan masyarakat hidup sehat ditengah pandemi Covid 19.

Dalam sosialisasi kali ini, Aliyah Mustika Ilham mengingatkan kembali tentang kegiatan kluster germas dalam masa adaptasi kebiasaan baru Covid19.

“Banyak hal yang harus menjadi kebiasaan di masa adaptasi ini, seperti aktivitas fisik yang diupayakan untuk dikerjakan di rumah, lebih memperhatikan pangan sehat dan bergizi seperti mengkonsumsi buah-buahan dan vitamin, rajin melakukan deteksi dini, pemeriksaan kesehatan seperti rapid test, turut aktif menyebarluaskan informasi kesehatan, serta pelaksanaan disinfektan, rumah bebas asap rokok,” ujarnya, Jumat (27/08/2021) di Hotel Maleo Makassar.

Hal senada diungkapkan pula oleh drg Burhanuddin, dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, yang sangat mengharapkan agar Germas dapat menjadi budaya di masyarakat, yang dimulai dari tatanan paling kecil, yakni tatanan keluarga, secara individu, di sekolah, tempat kerja, dan juga rumah sakit.