JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena telah melupakan peran TNI-Polri dalam vaksinasi Covid-19 di Ibu Kota yang hingga saat ini telah mencapai 105 persen dari target yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Evaluasi Protokol Kesehatan di Lapas

Ketua DPW PSI, Michael Victor Sianipar, mengatakan bahwa telah banyak pihak yang telah melaksanakan vaksini tersebut dan meminta agar Pak Gubernur Anies jangan menggunakan situasi ini menjadi panggung politik.

“Polri dan TNI banyak melaksanakan vaksinasi di Jakarta, tapi tidak gembar-gembor seperti Pak Gubernur. Belum lagi swasta, komunitas, ormas, dan bahkan warga-warga yang bergerak juga. Kami berharap Pak Gubernur jangan jadikan vaksinasi ini panggung politik, semua kerja dan semua bergerak,” kata Victor kepada wartawan, Minggu (29/8/2021).

Lanjut Victor, mengungkapkan bahwa dirinya meminta Anies tidak lupa untuk berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Masukan saya untuk Pak Gubernur, jangan lupa berterima kasih ke Pak Presiden dan Pak Menkes,” ujar Victor.

Diketahui sebelumnya, Anies Baswedan telah membeberkan bahwa vaksinasi COVID-19 di Ibu Kota sudah mencapai 105 persen dari target dalam Kongres Nasional II KA KAMMI yang disiarkan secara virtual, Sabtu (28/8). Dirinya kemudian membandingkan daerah tetangga yang vaksinasinya masih 15 persen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa ada sekitar lebih 200 ribu orang disuntik vaksin COVID-19 di Jakarta per hari, yang dimana target vaksinasi tersebut telah terlampaui atau 105 persen. Namun dia tak menjelaskan secara detail apakah itu vaksinasi dosis pertama atau lengkap dua dosis.

“Di Jakarta ini tiap hari ini bisa memvaksin lebih 200 ribu orang per hari. Kenapa bisa? Kita punya 300 puskesmas lebih dan 300 puskesmas lebih itu pemanasan terus dalam setahun dengan sistem distribusi itu. Sehingga sekarang kalau ditanya Jakarta target vaksinasi kita sudah 105 persen tercapai itu terlampaui, sementara tetangga ada yang masih 15, ada yang 20 persen,” ujar Anies.