JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan melayangkan somasi kepada Haris Azhar. Direktur Eksekutif Lokataru itu menerimanya pada Kamis, (26/08) dan akan memberikan jawaban melalui kuasa hukumnya.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Evaluasi Protokol Kesehatan di Lapas

Haris kepada tempo.co mengatakan telah menerima somasi dari luhut beberapa hari lalu dan akan menanggapi hal tersebut.

“Dalam beberapa hari ke depan, kata Haris, kuasa hukumnya akan memberikan jawaban atas somasi Luhut,” dikutip dari tempo.co, Minggu (29/08/2021).

Luhut melayangkan somasi atas unggahan video youtube Haris Azhar bersama Koordinator Kontras Fatia Maulida yang membahas hasil riset beberapa organisasi tentang kaitan para pejabat dibalik bisnis tambang atau rencana eksploitasi daerah blok Wabu di Intan Jaya Papua.

Luhut merasa nama baiknya dicemarkan atas video yang berjudul “Ada Lord Luhut Dibalik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!.

Fatia membahas terkait keterlibatan perusahaan yang sahamnya diketahui milik luhut terlibat dalam bisnis tambang tersebut.

““Tobacom Del Mandiri ini direkturnya purnawirawan TNI namanya Paulus Prananto. Kita tahu juga Toba Sejahtera Group dimiliki sahamnya salah satu pejabat kita, namanya adalah Luhut Binsar Pandjaitan,” ujar Fatia.

Sementara Menko Luhut lewat somasinya meminta Haris agar memberi penjelasan dan permintaan maaf.