GOWA – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di negara Indonesia menjadi bahan acuan pemerintah untuk menyalurkan beragam jenis bantuan.

Saat ini ada berbagai jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat terdampak.

Khusus di daerah Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Bansos terbaru yaitu Bansos PPKM, meliputi tiga jenis bantuan yang sudah tersalurkan, diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Menurut pernyataan RT 001 Perumahan Manggarupi Permai,  H. Abdul Rahim mengatakan, bantuan yang pernah tersalurkan di RT 001 BTN Manggarupi Permai hanya pada awal tahun 2020.

“Bantuan yang tersalurkan khusus di Perumahan Manggarupi Permai, RT 001 sekitar awal tahun 2020, penerima diperkirakan ada tiga keluarga, selebihnya tidak ada lagi,” katanya.

Ia melanjutkan, pengusulan sudah diteruskan ke kantor lurah Batangkaluku, tapi realisasi belum ada.

“Saya sudah pernah mengusulkan beberapa data keluarga yang bisa dapat bantuan ke pihak kelurahan, tapi belum ada realisasi dari pengusulan tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, Lurah Batangkaluku, Syahiruddin memberikan konfirmasi terkait hal tersebut.

Ia mengatakan, bantuan yang baru saja disalurkan kepada masyarakat terdampak bernama Bansos PPKM, diantaranya BST, PKH, dan BPNT.

“Baru-baru ini bantuan sosial yang disalurkan disebut bansos PPKM, meliputi tiga jenis bantuan yaitu, bantuan BPNT penyalurannya melalui bulog lengkap dengan daftar penerimanya, bantuan BST penyalurannya di kelurahan, dan bantuan PKH disalurkan langsung ke ketua kelompok penerima sesuai data yang diberikan Dinas Sosial,” paparnya.

Dilanjutkan pula, pengusulan merupakan tugas dari kelurahan, tapi untuk ketentuan final itu berdasarkan kewenangan dari pihak Dinas Sosial.

“Kita menerima usulan data dari RT RW atau Kepala Lingkungan untuk diinput dalam Basis Data Terpadu (BDT) Kelurahan, data tersebut akan diteruskan ke Dinas Sosial sebagai penentu akhir penyaringan data yang diusulkan,” lanjutnya.