KABUL – Taliban merayakan kemenangan atas penarikan pasukan AS dalam operasi militernya yang berakhir pada Selasa, (31/08). Melalui perayaaan yang dilakukan di sekitaran kabul, kelompok tersebut berjanji bakal toleransi dan menggunakan rekonsiliasi.

Baca Juga : Personil Polres Gowa Laksanakan Pengamanan Eksekusi Lahan di Empat Titik

Juru Bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan saat pesawat terakhir AS keluar dari bandara kabul, Taliban merayakan kepergian amerika setelah invasi pada tahun 2001.

“Selamat untuk Afghanistan. Kemenangan ini milik kita semua. Kemenangan Taliban adalah pelajaran bagi penjajah lainnya,” kata Mujahid dikutip dari rfi.fr, Selasa (31/08/2021).

Taliban menjanjikan menghadirkan pemerintahan yang lebih toleransi dan terbuka berkaca pengalaman sebelumnya. Mujahid juga mengatakan ke depannya akan menjalin hubungan diplomatik kepada semua.

“Kami ingin menjalin hubungan baik dengan AS dan dunia. Kami menyambut baik hubungan diplomatik dengan mereka semua,” katanya.

Penarikan pasukan Amerika Serikat sesuai tenggat waktu yang telah disampaikan oleh Presiden Joe Biden sebelumnya saat setelah perang panjang merenggang banyak nyawa dari tentara AS.