Toraja Utara – Bakal berlangsung Toraja International Festival (TIF) 2021 ke -9 yang akan digelar di Rante Buntu Pempon, Kecamatan Balusu, Rantepao.

Baca juga: Soal Keluarga Nurdin Salurkan Aspirasi Kelompok Ternak Tapi Gagal Cair, Arman Hanis: Artinya Tidak Ada Intervensi

Penggagas dan Pelaksana Toraja International Festival, Franki Raden mengatakan Rante Buntu Pempon termasuk tempat  yang sangat cocok bagi penyelenggaraan TIF bertaraf internasional.

Di samping memiliki area yang luas, Rante ini juga memiliki deretan Lantang yang sangat indah dalam jumlah besar yang cocok untuk menjadi background khas dari panggung TIF yang menjadi tempat presentasi Seni dan Budaya Toraja.

“Tahun ini TIF ke 9 juga akan memberikan fokus kepada penampilan kesenian tradisional Toraja dan Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Frangki sapaan akrabnya menjelaskan hal yang istimewa dari penampilan ini adalah grup-grup kesenian terpilih untuk tampil merupakan grup-grup kesenian secara turun-temurun masih menjaga kelestarian dan keaslian mereka dalam menampilkan musik dan tarian khas Toraja dan Sulawesi Selatan.

Ia menyebutkan salah satu contoh misalnya grup musik paduan suara laki-laki dan wanita tradisional Toraja yang bernama Ma’nimbong dan Ma’dandan.

Kedua jenis kesenian ini berasal dari desa Lokolemo yang terletak jauh di atas wilayah pegunungan Pangala, daerah dimana pahlawan Toraja yang terkenal, Pongtiku berasal,” paparnya.

Selain itu, Ma’nimbong dan Ma’dandan adalah sebuah musik tutur vokal yang mungkin sudah berusia ribuan tahun dan merupakan prototip musik vokal di dunia jika ditinjau dari konsep estetika dan struktur komposisi musik tersebut.

Musik vokal yang pada prinsipnya menggunakan melodi satu nada berbentuk drone ini usianya dapat dibandingkan dengan lukisan purba yang ada di goa Leang-Leang, Maros, Sulawesi Selatan.

Demikian pula hal dengan bentuk kesenian bernama Pepe Pepe Baine dari wilayah Gowa. “Bentuk kesenian teatrikal yang bernuansa magis ini juga menunjukkan betapa purba dan uniknya Pepe Pepe Baine,” tandasnya.