Jakarta – Komplotan penipu yang mencatut nama artis Baim Wong telah berhasil diamankan oleh Polda Metro Jaya. Dalam menjalankan aksinya tersebut, para pelaku mengirimkan Send Massanger Service (SMS) secara massal atau blast yang seolah-olah korban mendapatkan hadiah dari Baim Wong.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Minta 31 UPT Wujudkan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes, Yusri Yunus, mengatakan bahwa para pelaku menjalankan modus penipuannya menggunakan SMS secara massal atau blast ke ratusan, bahkan ribuan nomor telepon secara random dan mengarahkan calon korban untuk mengklik situs tertentu.

“Penipuan modus SMS dia gunakan modus SMS gateway. Modusnya mem-blast. Nanti kalau kita masuk dengan apa yang diperintahkan dia baru dia masuk lewat WhatsApp setelah masuk ke akunnya itu,” ungkap Yusri kepada wartawan melalui konferensi Pers, Selasa (7/9/2021).

Lanjut Yusri, mengatakan bahwa modus penipuan tersebut sebetulnya adalah modus lama, dimana para pelaku mengirimkan SMS yang isinya seolah-olah korban mendapatkan hadiah Rp 100 juta dari artis Baim Wong.

“‘Anda dapat hadiah Rp 100 juta, silakan hubungi nomor ini’. Ini modus lama yang dilakukan, jadi tolong masyarakat jangan mudah percaya, check and recheck betul tidak? Dan itu tidak benar semuanya,” ucap Yusri.

Yusri mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar untuk tidak mudah mempercayai bentuk penipuan dengan modus serupa.

“Apalagi dia atas namakan nomor nggak jelas ‘anda dapat hadiah’, misal dari satu provider, tapi (yang kirim SMS) beda provider. Jadi masyarakat jangan percaya dengan modus blast gateway,” kata Yusri.

Yusri menambahkan, bahwa para pelaku telah lama beraksi sebelumnya dan dapat meraup keuntungan dari penipuan yang mencantumkan nama publik figur dengan jumlah cukup bervariasi.