MAKASSAR – Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai mekanisme dalam persidangan, Study Club Kesatuan Mahasiswa Progresif (Kasasi) melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Pengadilan Negeri Makassar Gelar Sidang Lanjutan Dugaan TPK Infrastruktur Lingkup Pemprov Sulsel

Study Club Kasasi Arifin Jaida megatakan tujuan dari kunjungan Kasasi ke Pengadilan Negeri adalah untuk meningkatkan pemahamanan anggota kasasi dalam hal praktik penegakkan hukum di Pengadilan.

“Tujuan dari pada Kasasi ke Pengadilan Negeri Makassar adalah mempelajari dan mengamati implementasi dari tujuan Hukum itu sendiri yaitu kepastia Hukum, kemanfaatan, dan keadilan. selain itu kunjungan ini juga bertujuan agar bagaimana melihat secara langsung para praktisi dalam menegakkan Hukum,” ujar Arifin, Rabu (8/9/2021).

Ia menerangkan pentingnya untuk memahami hukum bukan hanya dalam rana teori, tapi juga dalam rana praktik yang bisa di lihat dalam mekanisme persidangan yang ada di Pengadilan.

“Untuk mengimplementasikan teori-teori yang di dapat selama perkuliahaan dan kajian-kajian kasasi, Dengan melihat secara langsung para praktisi hukum beracara dalam pengadilan,” ucapnya.

lanjutnya ia barapannya bagi para anggota Kasasi yang saat ini berkuliah di program studi ilmu hukum agar kedepannya dapat menjadi praktisi hukum yang handal dan berintegritas guna menjaga kewibawaan hukum dimata masyarakat.

“Harapan saya semoga anggota Kasasi yang ikut dalam kunjungan ini kedepannya dapat menjadi praktisi hukum yang berintegritas,” ucapnya.