JAKARTA – Respon berlebih pemerintah terhadap kritikan mendapat sorotan tajam dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hal ini ia sampaikan pada acara peringatan HUT ke-20 Partai Demokrat, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: 20 Tahun Demokrat, Konsisten Bersama Rakyat

Menurut AHY, Meskipun tidak berada dalam jajaran koalisi partai pendukung pemerintah namun Partai Demokrat juga memiliki tanggung jawab untuk ikut membangun negeri melalui kritikan yang bersifat konstruktif, namun hal tersebut baiknya tidak diartikan sebuah bentuk perlawanan.

“Kita memang berada di luar, tapi kita juga merah putih, karena kita ingin negara kita selamat. Kalau kita memberikan masukan, kritik yang konstruktif, janganlah dianggap sebagai sebuah bentuk perlawanan,” ujarnya.

AHY menekankan pentingnya melihat sebuah kritikan secara dewasa yaituh dengan akal sehat hal ini guna untuk kepentingan bersama.

“Kita berkoalisi dengan akal sehat, dengan hati nurani dan juga pada akhirnya dengan suara rakyat yang sejatinya suara Tuhan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pentingnya melihat substansi dalam sebuah kritikan tidak hanya berprasangka negatif apalagi dalam keadaan pandemi saat ini.

“Semua yang kita lakukan bukan untuk mencari panggung politik, bukan untuk mencari keuntungan politik sesaat, buat apa? Tidak ada gunanya, dan masyarakat punya hati dan pikiran, mereka yang mencari keuntungan politik di masa pandemi juga akan mendapat penilaian tersendiri di masyarakat,” tutupnya.