“Pertumbuhan tersebut terlihat dari grafik line yang secara statistik mengalami peningkatan meski tidak terlalu signifikan,” Syafruddin yang juga seorang epidemiolog tersebut.

Sekda Syafruddin juga menyebut beberapa upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat telah dilakukan khususnya dimasa pandemi yang melanda dunia saat ini.

Salah satunya, kata Syafruddin adalah penetrasi yang dilakukan pemerintah daerah dalam membangun stabilitas interaksi ekonomi masyarakat yaitu dengan mempercepat proses vaksinasi, mendorong kemudahan perizinan dan melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha UMKM di Butta Turatea.

“Terima kasih atas kesempatan dialog yang digelar kali ini dan sangat positif dalam menampung masukan untuk bisa dijadikan dasar perencanaan kedepan, “pungkas Sekda Jeneponto.

Sebelumnya, Ketua DPW JOIN Sulsel Dr. Arry AS, S.Ikom., SH., MH., CPCE yang membuka Dialog Virtual ini menyebut dalam situasi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19 diperlukan kontribusi gagasan dari semua stakeholder guna membangkitkan perekonomian masyarakat di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Jeneponto.

“Dialog ini adalah ruang silaturahim dan momentum bertukar fikiran antara pemangku kebijakan, pelaku usaha dan organisasi profesi dalam merumuskan strategi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujar Arry.

Senada dengan hal itu Wakil Ketua Kadin Jeneponto Awaluddin Sinring menyebut capaian vaksinasi harus dikebut supaya interaksi ekonomi masyarakat dapat kembali dinamis seperti biasa.

Awaluddin juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus membantu para pelaku UKM yang terdampak Covid-19. Salah satunya adalah membangun komunikasi dengan pihak perbankan untuk menaikkan kredit usaha rakyat ( KUR) dari Rp 25 juta menjadi Rp 100 juta, kata Awaluddin.

Sementara Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jeneponto M. Nasrun Bohari menyatakan pihaknya tetap mendorong kemudahan izin para pelaku usaha baik itu warung makan maupun minuman. Termasuk juga peningkatan KUR bagi pelaku UKM serta membangun kolaborasi antara pengusaha yang ada di Jeneponto.